Posted by : Unknown Rabu, 27 Maret 2013

Melindungi Website - Makin banyak defacer makin banyak Website yang tertindas, itu karena kesalahan adminyang kurang Melindungi webnya :( yuk kita bahas bareng2 Melindungi Website dengan Fitur HTTPS.


Selama ini kita menggunakan protokol http untuk menjalankan situs-situs kita yang berada di internet. Namun mungkin di antara kita tidak banyak yang tahu bahwa protokol http bukanlah protokol yang aman untuk berjalan di internet dikarenakan banyaknya orang yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara-cara yang tidak benar. Salah satu cara yang sering digunakan oleh pengganggu tersebut adalah apa yang dikenal dengan serangan man-in-the-middle. Serangan man-in-the-middle merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengambil data-data yang biasanya berupa username dan password dimana komputer orang tersebut berada di tengah-tengah antara komputer korban dengan situs tujuan sehingga orang tersebut bisa membaca, menyisipkan, dan memalsukan data antara mereka.

Salah satu cara untuk melawan serangan ini adalah menggunakan protokol https. Protokol HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan protokol http yang sudah dilengkapi dengan SSL/TLS sehingga membuat seluruh data menjadi lebih aman dikarenakan sudah diencrypt. Perlu diketahui bahwa protokol HTTPS menggunakan port 443 sedangkan http menggunakan port 80. Pada umumnya, yang menggunakan protokol ini adalah situs-situs yang berhubungan dengan keuangan seperti bank dan lain sebagainya. Untuk menggunakan protokol HTTPS ada dua cara yang dilakukan yaitu dengan cara membelinya di ISP-ISP seperti Verisign dan lain sebagainya atau membuatnya sendiri dengan fitur yang sudah disediakan oleh Centos, namun untuk kemampuannya tentu saja yang berbayar jauh lebih tangguh dibandingkan dengan yang gratis. Tutorial ini akan mencoba menjelaskan tentang cara menginstal https di Centos 6.3 menggunakan webserver apache. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu webserver apache sudah terinstal dengan baik dan website sudah berjalan dengan baik.


Sekian dari saya, Terima kasih atas kunjungan anda :)
Sumber TPB BLOG

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Visitors

Followers

- Copyright © 2013 Black Side Technology -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -